October 5, 2017

Tanaman Kedelai

Kedelai atau disebut juga kacang kedelai termasuk tumbuhan polong yang banyak dibutuhkan di Indonesia untuk membuat tempe, membuat tahu, membuat susu kedelai dan membuat kecap. Dalam bahasa latinya adalah glycine max termasuk tumbuhan kacang-kacangan atau Legumes.  Kedelai sangat cocok untuk ditanam di Indonesia terutama di daerah tropis tapi juga sangat baik tumbuh di daerah subtropis seperti di Cina dan Jepang. Untuk di daerah Indonesia yang cocok adalah kedelai dengan spesies Glicine Max sedangkan untuk daerah subtropis adalah Glicine soja yang merupakan subspesies dari Glicine Max.

Kedelai





Pertumbuhan kedelai akan sangat dipengaruhi oleh keberadaan sinar matahari, jika kekurangan sinar matahari maka pertumbuhan batang kedelai akan lebih panjang dan berbuah lebih lama. Jadi jika matahari cukup maka pertumbuhan kedelai akan normal pendek dan cepat berbuah. Jadi penanaman kedelai akan sangat cocok jika ditanam di sawah sesudah musim panen dan menjelang musim kemarau, karena jika musim hujan tiba selain intensitas cahaya matahari jadi jarang, juga tanaman kedelai biasanya terendam air dan pasti tidak akan berbuah.

Produk Makanan dari kedelai


Produk makanan yang dibuat dengan bahan baku kedelai diantaranya adalah tahu, tempe, kecap, taosi dan tauco, susu kedelai, tepung kedelai, serta minyak kedelai yang biasanya sebagai bahan pembuat sabun kecantikan, dan berbagai makanan ringan yang menggunakan bahan baku kedelai.

Postingan yang lalu:

Labels: